NU Online, Media Moderat di Indonesia

BANDUNG – Maraknya media online Islami yang radikal acap kali meresahkan masyarakat. Selain itu, media tersebut kian membludak akhir-akhir ini. Karena itu, dampak negatif dari media ini harus dicegah. NU Online hadir menjadi penyeimbang yang juga merupakan satu-satunya media Islam moderat yang ada di Indonesia. Demikian papar Zidni Nafi’, salah satu wartawan senior NU Online di Kota Bandung.

”Sangat penting mengisi internet dan ruang-ruang media lainnya dengan konten Islam yang sesuai dengan ideologi kita yaitu Ahlusssunnah Wal Jamaah,” tutur Zidni saat ditemui di Saung Syahida Pondok Pesantren Anak Jalanan At-Tamur, Cibiru Hilir, Kamis (18/01/2018).

“Jika kita klik keyword di google tentang Islam yang muncul rata-rata bukan dari NU, tapi media yang lain,” imbuhnya.

Tetapi memang, ungkapnya, ada kendala yang dialami NU Online. Yakni, kurangnya kreatifitas pengemasan media baik dari segi gaya bahasa dan lain sebagainya. Serta belum mampu meningkatkan rating. Sebab, banyaknya media online lain yang serupa dengan NU Online.

Berkaca dari realita hari ini, pria asal Kudus sekaligus mantan dari Comunity of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMORA) juga menjelaskan bagaimana caranya menghindari berita hoax yang saat ini banyak beredar di masyarakat.

Diakui olehnya, perlu melawan hoax dengan cara melakukan kroscek terhadap medianya terlebih dahulu. ”Begitupun dalam Islam, kita diajarkan untuk selalu Tabayyun terhadap berita yang diterimanya,” pungkasnya.

 

Pewarta : Dasem Miyasi

Redaktur : Nita Nurdiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *