2018, Ekonomi Indonesia Mencapai 5,4 Persen

JAKARTA – Memasuki tahun 2018, diprediksi ekonomi Indonesia akan tumbuh sebanyak 5,4 persen di tahun 2018. Hal tersebut diungkap oleh Ketua Bidang Pengembangan Ekonomi dan Kelompok Profesional KOPRI PB PMII, Novia Nengsih.

“Pada tahun 2018 pemerintah jangan hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi, tapi juga pemerataan” ujar nengsih, belum lama ini.

Dia menegaskan, Indonesia harus fokus pada pemerataan ekonomi. Hal tersebut dilakukan penguatan sektor singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “UMKM perlu diperdayakan untuk menopang perekonomian Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya siap membantu pemerintahan dalam mempekuat sektor UMKM melalui pemberdayaan perempuan muda, yaitu KOPRI PB PMII. Salah satunya melalui pengembangan dan pemberdayaan wirausaha muda. Berdasarkan data triwulan III 2017 Indonesian hanya mampu tumbuh 5,01 persen. Padahal target pemerintah 5,2 persen. Angka tersebut, hampir mencapai target.

Ketimpangan ekonomi Indonesia masih tinggi. Sedangkan gini ratio Indonesia masih 0,39. Di sisi lain, pembangunan infrastruktur juga belum berefek signifikan dalam mengurangi pengangguran Indonesia. “Hal ini juga perlu diperhatikan dengan baik. Sehingga, ada yang perlu diprioritaskan dan tidak,” pungkasnya. 

Editor  Nita Nurdiani Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *